Sosialisasi dan Pendataan PTSL di Kampung Rigeb


Blangkejeren//Sosialisasi Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Kp.Rigeb Kec.Dabun Gelang Kab.Gayo Lues, kegiatan ini di selenggarakan mengingat masih adanya tanah masyarakat yang belum memiliki sertifikat tanah, serta pengukuran tanah kampung sehingga di petakan, Rabu (04/03/2020).

Dalam kegiatan PTSL ini turut hadir Roni Ismun Andar S.Ip M, Si selaku camat Dabun Gelang, Fakhrurrazi Salim, S.ST selaku ketua tim pelaksana penyuluhan kegiatan PTSL Gayo Lues beserta tim pelaksana PTSL dan Abudiman selaku kepala Desa Rigeb Kec.Dabun Gelang beserta aparatur desa Kp.Rigeb.

Dalam kegiatan ini juga hadir dari mahasiswa Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) dari kampus Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Gajah Putih Takengon untuk mengisi data pensertifikatan milik warga desa Rigeb sekaligus pembelajaran mengenai sertifikasi tanah langkah-langkah pendataan serta manfaat dari sertifikasi tanah.

Menurut Dannie Gunawan,SE,Mm Kepala Kantor pertanahan PTSL di lakukan secara merata sehingga membentuk peta desa secara lengkap sekaligus menghimbau masyarakat mensetifikatkan tanahnya secara gratis.

Begitu juga yang di katakan Ully Fadil, S.H., M.H selaku Kepala Seksi Perdata dan Tata Usaha Kejaksaan Negeri Gayo Lues, antara pihak dari BPN Gayo Lues selaku pengacara mendapingi pihak PTSL bahwa setiap tanah warga haruslah di sertifikatkan agar tidak terjadinya sengketa tanah, adanya kepastian hukum, terlindungi dari perampasan tanah, serta harga jual beli tanah meningkat.

Begitu juga hal yang sama di katakan Hendri, S.H selaku Kepala Unit Reserse Kriminal Kepolisian Sektor Blangkejeren mengatakan, perkara sengketa tanah yang sulit di selesaikan karena tidak adanya sertifikat tanah tentunya tidak ada kejelasan hukum di


sana, sehingga kami terpaksa mengambil tindakan polisline.

Laporan: Ahmad Amin

Share