Kabut Asap Mulai Selimuti Aceh Tengah

Takengon- Sejak pagi tadi langit Aceh Tengah  tampak berkabut, bahkan kondisi serupa juga masih terjadi hingga siang hari, Selasa (24/9/2019).

“Namun pagi ini kabut yang kita perkirakan merupakan kabut asap telah menyelimuti seluruh provinsi Aceh, termasuk Takengon, Aceh tengah.

Akan tetapi berdasarkan data sebaran asap BMKG Pusat hari ini, Selasa (24/9/2019) tidak terlihat adanya sebaran asap di Aceh.

Hal itu kemungkinan karena kelemahan satelit, dimana satelit tidak dapat memantau asap apabila tertutup awan.

“Dan seperti kita ketahui sekarang Aceh sedang banyak tumbuh awan hujan, maka wajar bila kita lihat dari peta sebaran asap tidak terdeteksi adanya paparan asap di provinsi Aceh.

Namun Kita dapat memastikan itu merupakan kabut asap, sebab apabila dilihat matahari tampak berwarna kuning kemerah-merahan dan langit juga berwarna putih abu-abu relatif rata.

Sedangkan kalau langit ditutupi awan akan telihat gumpalan-gumpalan.

“Untuk asal kabut asap kami memperkirakan masih merupakan asap kiriman dari musibah kebakaran hutan dan lahan beberapa provinsi lain di Sumatera.

BNPB (Badan Penanggulangan Bencana) Aceh Tengah menghimbau agar masyarakat selalu memakai masker, banyak mengkonsumsi air putih serta buah, dan menjaga pola makan yang sehat agar tubuh tetap sehat.

BNPB Aceh Tengah juga membagikan masker kepada masyarakat yang melewati titik lam pu rambu lalu lintas di depan Bank Aceh, Simpang Lima Takengon.

“Apabila terasa sesak segera konsultasi ke dokter,” imbuhnya.

(Fitra Mahliga)

Share

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*