[Artikel] Sosiolinguistik

Oleh :

Supriyandi 

(Mahasiswa Semester V Program Studi Tadris Bahasa Inggris STAIN Gajah Putih Takengon)

Sosiolinguistik adalah cabang linguistik yang mengkaji hubungan antara bahasa dan masyarakat penuturnya. Ilmu ini merupakan kajian kontekstual terhadap variasi penggunaan bahasa masyarakat dalam sebuah komunikasi yang alami.

Sosiolinguistikialah pemakai dan pemakaian bahasa, tempat pemakaian bahasa, tata tingkat bahasa, berbagai akibar dari adanya kontak dua bahasa atau lebih, dan ragam serta waktu pemakaian ragam bahasa dan ilmu yang bersifat multidisipliner atau gabungan dari dua disiplin ilmu, yaitu sosiologi dan linguistikPenelitian bahasa dengan tinjuan sosiolinguistik senantiasa memperhitungkan bagaimana pemakainya di dalam masyarakat yang dipengaruhi oleh faktor-faktor sosial tertentu. Faktor-faktor sosial itu antara lain: status sosial, tingkat pendidikan, umur, tingkat ekonomi, agama, jenis kelamin, dan lain-lain.

Bahasa dalam penggunaanya memiliki fungsi dan tujuannya masing-masing. Tujuan dari penggunaan bahasa akan mempengaruhi bentuk bahasa itu sendiri. Wardhaugh mengatakan bahwa, “An alternative approach to devisinge ethnographiesis to attempt to describe the different functions of language in

communication.

Tujuan mendasar dari mempelajari ilmu sosiolinguistik adalah mengenal dan mengetahui secara mendalam sebagai prilaku bahasa dalam lingkup sosial.

Dengan pegenalan tersebut, kita sebagai manusia dapat lebih saling menghargai atas keragaman dalam berbahasa di lingkup sosial baik dalam berinteraksi maupun dala komunikasi satu arah, misalnya bagi mereka yang berwenang menyusun sebuah kebijakan publik sebaiknya mempertimbangkan adanya pariasi bahasa dan stratifikasi sosial.

Terimakasih bagi yang sudah membaca semoga bermanfaat bagi kita semua.

Share

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*