[Artikel] Pesona Wisata di Ketinggian 1250 M

Oleh :

Sirna

(Mahasiswi Semester VII Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam STAIN Gajah Putih Takengon).

BurTelege…jika kita mendengar kata itu maka yang terlintas di benak kita adalah gunung, benar saja Bur Telege merupakan sebuah gunung sumur yang berada pada ketinggian 1250 M diatas permukaan laut terletak di Desa Hakim Bale Bujang, tepatnya di Kecamatan Lut Tawar Kabupaten Aceh Tengah yang tidak jauh dari pusat kota Takengon. Konon menurut ceritanya di tempat itu terdapat sumur tua, tempat menampung air dan menjadi sumber air bagi wilayah yang ada di bawahnya. Entahlah, apakah ada kaitannya nama Bur Telege dengan cerita sumur tua itu atau tidak.

Sebelum terkenal dengan sebagai Bur Telege, tempat ini lebih populer dengan sebutan Bur Gayo yang memang pada kala itu belum terkenal hehe,,,,,sebelum di kelola dan di poles habis-habisan oleh pemuda kampung Hakim Bale Bujang untuk di jadikan tempat wisata.
Untuk mencapai puncak memang tidak butuh waktu lama yakni sekitar 20 menit saja namun, butuh perjuangan yang ekstra karena akses jalan yang tidak terlalu bagus jalan yang berlobang juga ketika lagi masing penghujan seperti sekarang ini maka jalan licin jadi harus berhati-hati. Disepanjang perjalanan menuju Bur Telege mata kita akan disuguhkan dengan pemandangan pohon pinus yang tersebar di kanan dan kiri ruas jalan, udara sejuk kota Takengon juga sangat mendukung perjalanan kita karena tidak cepat capek dan haus tetapi ada baiknya ketika melalukan perjalanan kita membawa air minum agar stamina tubuh tetap terjaga.
Untuk masuk ke dalam objek wisata ini kita akan di pungut biaya masuk sebesar Rp 5.000 per orang dan biaya parkir kendraan Rp 5000 untuk kenraan roda dua, yang pastinya tidak akan menguras isi dompet.
Bur Telege memberikan sentuhan panorama indah untuk para wisatawan, alamnya yang begitu eksotis di tambah lagi mata kita akan disuguhi pandangan sampai ujung danau yang masuk kampung bintang, bila di arahkan ke kiri maka tampak seluruh wajah kota takengon. Ibukota kabupaten aceh tengah itu, bagai susunan kubus dengan pantulan cahaya di atas rumah-rumah penduduk, yang kalau malam bagai cahaya kunang-kunang serta akan tampak jelas kubah masjid kebanggaan aceh tengah dengan motif yang anggun. Tak hanya sampai disitu di lokasi wisata bur telege juga terdapat spot foto yang instagramable looo cocok banget bagi kamu yang hobi upload foto ke medsos, mulai dari tangga warna-warni sampai ayunan raksasa, karpet terbang dan masih banyak lagi spot-spot foto lainnya. Jika kalian berfoto di karpet terbang yang berwarna merah mencolok serasa seperti aladin hehe, kontras dengan pemandangan disekitarnya yang hijau,,,karpet ini dibentangkan di bentangkan di atas kawat baja yang diikat ke pohon pins, untuk naik ke atas karpet sudah ada tangga khusus yang telh disediakan. Begitu si pengunjung berada di atas karpet tangga nya tinggal dipindahkan lagi jadi lah seolah-olah sipengunjung sedang berada di atas karpet terbang….sama halnya dengan tangga warna-warni yang begitu indah dijadikan untuk background berfoto bagai pelangi.
Tau nggak,,,Bur Telege ini menjadi salah satu tempat favorit kawula muda sampai orang tua looo untuk mengahabiskan waktu kosong mereka, karena banyak nya spot foto menarik jika pengambilan angelnya pas maka foto yang dihasilkan amat menawan seakan sedang berdiri di sebuah pohon tinggi atau berada pada ujung tebing. Tak hanya sampai disitu Bur Telege juga kerap kali dijadikan sebagai tempat pertunjukan kesenian gayo sebagai ajang promosi kesenian daerah gayo loo kawan-kawan, jika kalian yang berkunjung ke gayo maka akan rugi ketika tidak sempat mampir untuk mengunjungi wisata ini.
Setelah capek berkeliling pastinya kita merasa lapar kan tapi tenang aja kok disini juga tersedia warung loo kawan untuk sekedar mengisi perut yang kosong juga untuk meredakan acara demo para cacing hehe…. namun ada juga wisatawan yang membawa bekal sendiri kalo lagi males makan makanan luar. Namun bagi kalian-kalian yang hobi ngopi tersedia juga warung kopi dengan barista yang handal, ngopi disini.

Terima kasih bagi yang sudah membaca. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Share

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*