Pemahaman Sederhana Mengenai Analisis Wacana

Oleh:

Anggun

(Mahasiswi Semester VI Program Studi Tadris Bahasa Inggris Institut Agama Islam Negeri Takengon)

Pernahkah teman-teman mendengar istilah analisis wacana atau dalam bahasa inggris juga di sebut dengan discourse analisi? Apa manfaatnya? Dan bagaimana caranya? Lalu untuk apa? Dari pertanyaan-pertanyaan tersebut penulis mencoba memberikan teman-teman jawaban sederhana agar mudah di pahami dan di mengerti oleh teman-teman sekalian.

Analisis wacana merupakan sesuatu yang meneliti atau menganalisis suatu bahasa yang di gunakan secara alamiah baik secara lisan maupun tulisan guna memahami bahasa yang sulit di mengerti oleh masyarakat awam atau membuat bahasa tersebut mudah di cerna untuk semua kalangan masyarakat.

Dalam melakukan analisis wacana dapat di lakukan secara sturktural dengan cara kita dapat menghubungkan suatu teeks dengan konteksnya. Menyesuaikan letak tulisan dan di sesuaitkan juga dengan penuturannya. Dalam analisis wacana menggunakan data yang berfokus pada pengontruksian secara kewacanaan yang mencakup teks tulis yang termasuk ragam tulisan begitu juga teks lisan yang termasuk ragam tuturan.

Dari penjelasan di atas apakah teman-teman masih merasa bingung mengenai apa itu analisis wacana? Atau sudah ada sebuah gambaran di benak teman-teman sekalian mengenai analisis wacana?.

Jadi analisis wacana ini biasa digunakan seseorang untuk menganalisis sesuatu seperti berita, artikel, jurnal, buku, pidato dan lain-lain yang berkenaan dengan wacana baik secara lisan maupun tulisan untuk memahami suatu bahasa yang digunakan dalam beberapa hal tersebut sehingga dapat meningkatkan kemampuan komunikasi seseorang.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi teman-teman semua yang ingin memahami apa itu analisis wacana secara singkat dan jelas tentu dengan sederhana pula.

Penulis: Anggun

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*