[Artikel] Pancasila Sebagai Dasar Negara

Oleh:
Maulinda Fitri
(Mahasiswi Semester I Program Studi Tadris Bahasa Arab STAIN Gajah Putih Takengon)

Indonesia merupakan negara kesatuan yang berbentuk republik yang didalamnya terdiri dari berbagai suku dan bangsa.

Pancasila dijadikan sebagai dasar ideologi negara karena mengandung nilai-nilai yang dapat mempersatukan bangsa sehingga tidak membedakan antara suku dan bahasa. Pancasila mengajarkan nilai-nilai yang positif yang didalamnya mengandung nilai toleransi yang kuat baik dalam toleransi beragama seperti:

1. Sila pertama yaitu ketuhanan yang maha esa yang didalamnya tidak harus memaksakan seseorang harus masuk agama ini atau itu, dan berlaku adil tidak membedakan antara sikaya dan simiskin dan menghargai satu sama lain.

2. Sila kedua kemanusiaan yang adil dan beradab, dan menjadikan perbedaan itu sebagai pemersatu bangsa.

3. Sila ke -3 persatuan Indonesia, dan memberikan suatu kemaslahatan bagi masyarakat.

4. Sila keempat kerakyatan yang di pimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan dan memberikan keadilan bagi setiap masyarakat tidak membedakan antara yang berkulit putih maupun hitam.

5. Sila kelima keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia.

Pancasila dijadikan sebagai dasar ideologi negara karena nilai-nilai yang terkandung didalamnya dapat menyatukan perbedaan yang terdapat didalam kebudayan maupun bahasa.

Pancasila ini mendorong rakyat agar dapat menjunjung tinggi nilai kebangsaan sehingga dapat menciptakan negara yang damai dan jauh dari perselisihan antar sesama, dan dengan adanya pancasila ini dapat menjauh kan perpecahan antar sesama rakyat dan dapat menciptakan suatu negara yang mengandung nilai toleransi yang kuat.

Dengan Pancasila ini dapat menciptakan kemakmuran yang merata bagi seluruh rakyat dan dijadikan sebagai pedoman dalam pengambilan terhadap suatu hukum dan dijadikan sebagai norma dalam kehidupan berbangsa.

Share

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*